”WONG NDESO PINGIN JUWORO”

SEKOLAH DASAR NEGERI 1 SUKOHARJO IV
Sekolah Dasar Negeri 1 (SDN 1) Sukoharjo IV Kecamatan Sukoharjo yang berdiri pada tahun 1972 ini tentunya sudah banyak cerita dan prestasi yang di torehkan dan tak kan pernah terlupakan sepanjang masa, sebabnya SDN 1 Sukoharjo 4 ini banyak sekali melahirkan atlit-atlit yang sangat berjasa bagi Kabupaten Pringsewu pada tingkat Kecamatan, Kabupaten, Provinsi, Nasional bahkan Asia Tenggara. Dan Guru olahraga sekolah tersebut mempunyai semboyan “WONG NDESO PINGIN JUWORO”
  Sekolah ini berada di pekon sukoharjo IV Jl. Silitongah RT006/RW001 Kec. Sukoharjo Pringsewu,Lampung yang berstatus tanah Hibah dari masyarakat sukoharjo IV yang luas bangunannya P.48 L.7 . Jumlah siswa sebanyak 164, jumlah guru ; 1 Kepala sekolah yang bernama Bapak Sugiono S.Pd, beserta  guru 8 PNS dan 2 Honorer. Kemudian mempunyai Rumbel 7 termasuk 1 berkondisi rusak, 1 perpus (2012), lalu toilet 3 ruang (1 guru 2 murid)
     Seiring berjalannya waktu (SDN 1) Sukoharjo IV terus berusaha dengan penuh percaya diri dalam mengupayakan perkembangan pendidikan akademik dan khususnya bidang akademik, kalau bicara tentang (SDN 1) Sukoharjo IV ini tidak akan pernah ada abisnya dalam prestasinya, salah satunya tahun ini dalam acara O2SN tingkat Kabupaten 2015 (SDN 1) berhasil menjadi juara 1 Kit Atletik Tingkat Kab Pringsewu, dan bahkan pada tahun 2011 mewakili nasional dalam APSOO ke tingkat Asia Tenggara cabang Kiet Atletik yang bernama Sugiarti yang mendapatkan Medali Emas PON remaja. Kemudian Sekolah Dasar ini juga mempunyai Club Olahraga Usia Dini yang bernama Putra Silitongah yang di didik oleh bapak Agus Sunarto S.Pd selaku guru olahraga (SDN 1) Sukoharjo IV.
     Selama kurang  lebih berjalan  43 tahun, (SDN 1) Sukoharjo 4 ini sudah beberapa kali berganti kepala sekolah (Kepsek) yaitu Bapak Atmo Santiko (1968-1973), Bapak Surtiman (1977-2004), Bapak Suprayono A.ma.Pd (1999-2004),Bapak Badariyadi A.ma.Pd (2004-2009), dan Bapak Sugiono S.Pd (2009- Saat ini). 
Saat ini Sekolah Dasar (SDN 1) Sukoharjo IV dipimpin oleh Bapak Sugiono S.Pd yang lahir di Sukoharjo pada tanggal 4 Juli 1964 bapak dari 4 orang anak (2 putra/2 putri) adalah suami dari Ibu Dra.  Agung Prasetyo Wardani yang kebetulan juga PNS di MTSN 2 Pringsewu yang selalu mendukung karirnya, Bapak Kepsek yang dikenal dengan sikap disiplin,tanggung jawab,tegas yang mempunyai semboyan “memberi contoh lebih bagus daripada menyuruh” ini pernah bersekolah di SDN 2 Sukoharjo 3 (1978) kemudian masuk SMP Budi Luhur selesai tahun 1981, melanjutkan di SGO Pringsewu lulus tahun 1984, setelah itu mengambil D2 Olahraga UT Balam lulus tahun 1995, dan yang terakhir mengambil gelar strata satu (S1) di Perguruan Tinggi STKIP Dharma Wacana dan wisuda tahun 2005. Kemudian Bapak Sugiono diangkat menjadi PNS Tahun 1988 saat itu beliau mengajar di SDN 1 Sukoharjo 4 dan sampai sekarang beliau mengabdikan jasanya di SDN 1 Sukoharjo IV.
     Bapak Sugiono S.Pd banyak menorehkan prestasi selama menjabat kepala sekolah, salah satunya pada tahun pertama beliau menjabat (SDN 1 ) Sukoharjo IV Akreditas sekolah menjadi B+ (2008), mendapatkan perpus (2012), dan Rehap Ringan (dana Bansos 2013). Selain di sekolah, diluar juga Bapak Kepsek ini aktif dibidang organisasi contohnya, Pengurus KONI tentang pembinaan prestasi, Ketua PEMKAB PSTI Kab. Pringsewu, dan Pengurus Perbakin Kab. Pringsewu.

VISI : Unggul dan berprestasi
MISI:
- Mendasari penghayatan dan pengalaman ajaran agama sesuai keyakinan masing-masing
- Meningkatkan proses pembelajaran aktif, kreatif,inovatif kekeluargan dan menyenangkan
- Membangun olahraga yang berprestasi
- Meningkatkan prestasi siwa sesuai bakat, minat, dan potensi
- Mengembangkan lingkungan yang sehat,aman,bersih dan indah
 Tujuan
- Dapat mengamalkan ajaran agama dalm kehidupan sehari-hari
Berprestasi akademik dan Non Akademik
- menjadi penggerak kemampuan dilingkungan dan masyarakat
- menjadi sekolah yang dialokasikan masyarakat
SD Negeri 1 Sukoharjo IV yang begitu banyak telah menorehkan prestasi, khususnya prestasi dalam bidang olah raga. Sistem pembinaan yang berkesinambungan menjadi sebuah tolak ukur hingga pada akhirnya mendapatkan prestasi yang dapat membanggakan sekolah, kabupaten, provinsi bahkan negara.
NB : Bantu klik Iklan dibawah ini, Terima Kasih

3 komentar:

  1. Senajan ndeso kalau ada kemauan pasti bisah
    Heee :D

    ReplyDelete
  2. mestine, itu profil sekolah terpencil di kabupaten pringsewu gan, tapi sudah mewakili indonesia

    ReplyDelete
  3. biarps ndeso kalo pinter ya apa sih yang ga mungkin..

    maju terus pendidikan indonesia

    ReplyDelete