SEKOLAH DASAR NEGERI 3 YOGYAKARTA


Pringsewu. SD Negeri 3 Yogyakarta, Jalan Raya Klaten Kecamatan Gadingrejo, Kabupaten Pringsewu,  dulunya adalah SD Negeri 2 Yogyakarta yang masih menginduk pada SD Negeri 1 Yogyakarta. Setelah ada pemekaran wilayah  akhirnya berganti nama menjadi SD Negeri 3 Yogyakarta yang kita kenal sampai sekarang. SD Negeri 3 Yogyakarta ini tentunya memiliki banyak cerita dan prestasi yang tidak kalah menarik dari sekolah-sekolah di Kecamatan Gadingrejo.
Sekolah yang mulai berdiri pada tahun 1966 ini, nampak begitu indah dan asri sekali membuat kita merasa nyaman berada dilingkungan sekolah, bangunannya tertata dengan baik dan rapih tergambar dari letak ruang-ruangnya, sehingga nyaman dan aman dalam menjalankan kegiatan belajar mengajar di lingkungan sekolah tersebut.Sekolah yang pernah di rehab tahun 1975 ini terus mengemban tugasnya dalam mencerdaskan anak-anak Bangsa.
Sekolah yang dibangun di atas tanah milik masyarakat yang telah dihibahkan , dengan luas tanah 2587,5 M2 . Berawal dari keinginan masyarakat akan adanya sekolah dilingkungan tempat mereka tinggal, agar dapat menyekolahkan anak-anak mereka yang kala itu sekolah-sekolah masih belum banyak seperti saat ini, kalaupun ada itu jaraknya jauh untuk ditempuh sehingga dibangunlah sekolah ini dilingkungan tempat mereka tinggal.
Berkat kerjasama dan bantuan yang begitu besar dari masyarakat kala itu, hal tersebut juga karena keberadaan gedung sekolah dilingkungan mereka sangatlah diharapkan agar dapat menyekolahkan anak-anak mereka  dan tidak terlalu jauh jaraknya dari tempat tinggal mereka, meskipun sekolah ini bukanlah sekolah yang pertama. Dalam perjalanannya selama ini ikut serta mencerdaskan anak-anak bangsa, tentulah tidak terlepas dari  perjalanan panjang dan berliku yang harus ditempuh. Namun semua itu bukanlah alasan yang menjadi hambatan di dalam proses pembangunan dibidang pendidikan, terbukti dengan existensinya selama ini dalam proses belajar mengajar dan mencerdaskan anak-anak bangsa. Tentunya, lingkungan sekolah juga sangat berperan dan membantu dalam memberikan kenyamanan warga sekolah agar tumbuh kembang pendidikan dimasa mendatang akan menjadi jauh lebih baik. Hal tersebut selalu diupayakan dengan sebaik mungkin, guna meraih pencapaian demi pencapaian secara maksimal dan mempersiapkan siswa-siswi yang berprestasi serta dapat menempuh jenjang pendidikan yang selanjutnya, tentu saja dengan adanya bantuan dan disiplin yang tinggi dari seluruh warga sekolah.


SD Negeri 3 Yogyakarta ini tentunya telah banyak mengentaskan siswa-siswinya dari sejak awal berdiri hingga saat ini. Sejak awal mula didirikannya sekolah ini sudah beberapa kali berganti Kepala Sekolah antara lain Ibu Kristine, Bapak Musliman Hs, Hendis Durdin, Bapak Abi Yanto, Ibu Sifiah, Bapak Soebarjo, Bapak Inung Supardi dan Bapak Sunarto, S.Pd, SD. Kesemuanya itu pada dasarnya memilki komitmen yang tinggi dan tujuan yang sama yakni membangun pendidikan.
SD Negeri 3 Yogyakarta didukung oleh tenaga pengajar 8 Pegawai Negeri Sipil (PNS) dan 4 tenaga Honorer (penjaga perpus dan penjaga sekolah). Jumlah ruang kelas ada 6 lokal, ditambah dengan ruang kantor dan perpustakaan. Jumlah murid di SD Negeri 3 Yogyakarta berjumlah 208 siswa, dengan tingkat kelulusan 100% murni. SD Negeri 3 Yogyakarta ini memiliki kegitan extrakulikuler yakni kegitan Pramuka, Paskibra, dan Drum Band. Adapun segudang prestasi yang telah diraih oleh SD Negeri 3 Yogyakarta ini antaralain: Juara 1 lomba sekolah sehat Kecamatan Gadingrejo Kab. Pringsewu (2012), Juara 3LKBB Kab. Pringsewu (2012), Juara 1 OSN tingkat kecamatan Gadingrejo, juara 2 lomba drumband pelajar Kab. Pringsewu,  Juara Umum LKBB Kab. Pringsewu (2013), juara 2 lomba drumband pelajar tingkat Provinsi Lampung  kemudian di lanjut Drum Band pelajar  tingkat Nasional yang di adakan di bogor pada tanggal 10 Juni 2013 lalu mendapatkan Juara 3 katagori unjuk gelar.
 Saat ini SD Negeri 3 Yogyakarta dipimpin oleh Bapak Sunarto, S.Pd, SD yang lahir di Klaten pada 22 Juni 1965 silam. Bapak Sunarto selaku kepala sekolah tentunya mempunyai cara tersendiri dalam memimpin SD Negeri 3 Yogyakarta ini, begitu juga pada keluarganya beliau begitu tegas dan bertanggungjawab.Bapak yang mempunyai catatan riwayat sekolah ini adalah SD 2 yogjakarta pada lulus tahun 1977,melanjutkan ke SMP Persiapan Pringsewu,lulus tahun 1981 kemudian ke SPG Negeri Pringsewu,lulus tahun 1984,selanjutnya D2 Universitas Terbuka (UT) Gedong Tataan (2001) dan S1 Universitas Terbuka (UT) Talang Padang (2008) silam.
Bapak Sunarto, S.Pd, SD  adalah suami dari  Ibu Setiyowati yang selalu setia dan sabar mendampingi serta memberikan dukungan penuh pada sang suami sehingga beliau dapat memimpin SD Negeri 3 Yogyakarta ini dengan baik, dari hasil pernikahannya tersebut mereka dikaruniai anak yaitu Ardelia Gestinarwati dan Armitha Yulinar Fanny.
Adapun visi dan misi dari SD Negeri 3 Yogyakarta ini adalah Visinya Unggul dalam prestasi dan taqwa serta berwawasan lingkungan, Misinya adalah melaksanakan pembelajaran dan bimbingan secara aktif kepada seluruh siswa dan menumbuhkan semangat berprestasi secara intensif pada seluruh warga sekolah.

0 komentar:

Post a Comment