Muli Mekhanai Kabupaten Pringsewu 2015



Pringsewu. Kebudayaan merupakan identitas diri bangsa Indonesia yang juga erat sekali hubunganya dengan pariwisata karena berbagai budaya yang ada di Indonesia hingga menjadikan Indonesia sebagai negara yang paling kaya akan budaya. Sebagai generasi penerus kita wajib melestarikan dan mengembangkan budaya daerah masing – masing agar tidak lekang dimakan waktu tentu saja dengan kreasi – kreasi dan inovasi yang disesuaikan dengan perkembangan zaman yang ada saat ini. Muli Mekhanai salah satunya merupakan adat budaya khas provinsi Lampung, yang memilki arti Gadis dan Bujang, adat budaya ini secara turun temurun terus dilaksanakan dala acara – acara seperti pernikahan dan lain sebagainya sebagai bentuk apresiasi dan pengebangan budaya hingga diciptakannya pemilihan Muli Mekhanai yang bertujuan untuk menjadi duta Lampung dalam mempromosikan adat, budaya, keindahan kekayaan alam Lampung dan lain sebagainya kepada dunia luar. Pada hari Jum’at  20 Maret 2015 yang lalu diadakan kembali pemilihan muli mekhanai di Pringsewu, yang merupakan program rutin tgahunan Disdikbudpar dan tahun 2015 merupakan tahun ke-6 kegiatan ini di adakan.

Bapak Suchairi Sibarani S.Pd. M.IP selaku kepala bidang pariwisata (Disdikbudpar) mengatakan peserta seleksi ini terdiri dari 55 muli (gadis) dan 41 Mekhanai (bujang).Pada umumnya seleksi Muli Mekhanai meliputi tahapan technical meeting, tes tertulis, dan interview (wawancara). Dan nantinya mereka di  seleksi menjadi 15 pasang untuk mengikuti grand final  Pemilihan Muli Mekhanai Kabupaten Pringsewu tahun 2015. Setelah terpilih menjadi 15 pasang Muli Mekhanai, kemudian peserta yang terpilih mengikuti workshop materi seputar kebudayaan adat istiadat serta potensi wisata di provinsi lampung. Pada tanggal 17 maret 2015, di gelar pertukaran pemuda dan pada 19 mater 2015 akan digelar Tallent Show dan Grand Final Pemilihan Muli Mekhanai dilaksanakan tanggal 20 maret 2015 yang bertempat di Pendopo Pringsewu.Peserta Muli Mekhanai ini berasal dari Tiap kecamatan, Perguruan Tinggi, SMA, beberapa kantor dinas dan peserta umum yang berdomisili di Pringsewu.

Terpilihlah yaitu Nadya Crisna sebagai Muli 2015 ini perwakilan dari Dinas Komunikasi dan Informasi Kabupaten Pringsewu. Sedangkan Firmansyah sebagai mekhanai 2015 adalah mahasiswa Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi (STIE Muhamadiyah Kabupaten Pringsewu. Pada Grand final Pemilihan Muli Mekhanai tersebut, Bupak Bupati Pringsewu bapak H. Sujadi Sadad dalam sabutanya meminta agar para pemenang terus berekreasi dan memotivasi diri dalam  melaksanakan tugas sebagai Duta Pariwisata Pringsewu selain itu beliau juga menekankan pada pariwisata dan ekonomi kreatif untuk dijadikan primadona baru dalam pertumbuhan ekonomi serta diadakanya malam – malam kebudayaan dari berbagai daerah yang dijadikan agenda mingguan. Ditempat yang sama  Kepala Bidang Pariwisata Dinas Pendidikan Kebudayaan dan Pariwisata Kabupaten Pringsewu bapak Suchairi Sibarani mengatakan , selain mendapat tropi dan uang pembinaan, juara pertama muli Mekhanai akan ikut serta dalam ajang serupa di tingkat Provinsi Lampung yang akan di adakan pada bulan agustus 2015. Sementara itu bapak Drs H Heri Iswahyudi M. Ag selaku kepala dinas pendidikan kebudayaan dan pariwisata kabupaten Pringsewu menyampaikan pentingnya untuk mendorong tibulnya objek wisata buatan, pengembangan ekonomi kreatif serta tubuhnya festial baik yang diinisiatifi pemerintah maupun masyarakat, beliau mencita – citakan orang Bandar Lampung berakhir pekan di Pringsewu sebagaimana orang Jakarta berakhir pekan di Bandung. Dalam acara tersebut hadir bapak sekretaris daerah kabupaten Pringsewu Forkopida Pringsewu Tanggamus, ketua DPRD kabupaten Pringsewu, Asisten/Staff Ahli/ Inspektur kabupaten Pringsewu, ketua TP PKK dan Bunda PAUD kabupaten Pringsewu, ketua Darma Winata kabupaten Pringsewu dan kepala SKPD kabupaten Pringsewu.

Dan berikut hasil pemilihan Muli Mekhanai Pringsewu 2015
Juara kedua Muli Mekhanai 2015 direbut oleh Muli Maysaroh perwakilan Diskominfo Pringsewu dan Rangga Dwi Pasma dari KNPI PK Pagelaran. 
Juara ketiga Muli Mekhanai 2015 direbut oleh Vina Maulina pelajar SMAN 1 Gading Rejo dan Bhogie Arshuba utusan Pringsewu Basketball Brotherhood.
Untuk kategori Muli Mekhanai Berbakat direbut Yuliana Pertiwi dari kecamatan Pagelaran dan Reynaldo, pelajar SMAN 1 Pringsewu.
Untuk kategori Muli mekhanai Kulit sehat jatuh pada Nurul Yun ita Sari PELAJAR sman 1 Pringsewu dan Hedi Haris dari kecamatan Pagelaran.
Penghargaan Muli Mekhanai Fotogenic diraih Rohmatul Fadilah dari SMK YPT Pringsewu dan M, Fattuah Agam dari SMK YADIKA Pagelaran. “R”

NB : Bantuan klik iklan sangant membantukami

0 komentar:

Post a Comment