SD NEGERI 1 PAJARESUK



DEWAN GURU SD NEGERI 1 PAJARESUK
Pringsewu. Sosok Kartini adalah pejuang kaum wanita yang memperjuangkan harkat dan martabat kaum wanita, pada masa itu dimana kaum wanita terjajah dan terkurung dalam kekuasaan kaum pria. Sehingga muncullah seorang Kartini yang mendobrak pemahaman tersebut. Emansipasi wanita, begitu saat ini lebih dikenal istilah tersebut. Dalam segala bidang dan objek – objek penting baik di pemerintahan, social, ekonomi maupun dalam dunia pendidikan sudah banyak yang dipimpin oleh seorang wanita, tentu saja dengan hasil yang tidak berbeda justru lebih baik dari masa sebelumnya.
                Dra. Sri Adiningsih, adalah salah satu dari kartini masa kini yang saat ini menjabat sebagai kepala sekolah SD Negeri 1 Pajaresuk kecamatan Pringsewu Barat kabupaten Pringsewu. Sosok Kartini masa kini yang muncul di tengah kota Pringsewu dengan segala kemajuannya ini mampu bersaing memberikan yang terbaik untuk SD N 1 Pajaresuk, dilahirkan di pekon Sidoharjo kecamatan Pringsewu Timur pada tanggal 26 Juni 1960 ini telah banyak memberikan perubahan untuk SD N 1 Pajaresuk. Dra. Sri Adiningsih yang pernah mengenyam pendidikan di SD N 1 Sidoharjo lulus tahun 1974 kemudian melanjutkan ke SMP Negeri 2 Pringombo lulus tahun 1977 dan kemudian ke SPG Negeri Pringsewu lulus tahun 1980/1981 dan terakhir di STKIP Muhamadiyah Pringsewu lulus tahun 1993. Dra. Sri Adiningsih pertama kali diangkat menjadi Pegawai Negeri Sipil (PNS) pada tanggal 27 Maret 1982 masih sebagai CPNS dan pada tahun 1984 baru diresmikan sebagai PNS. Pertama kali bertugas sebagai guru kelas di SD 3 Pringombo dari tahun 1984 – 1994 kemudian berpindah ke SD 7 Pringsewu atau yang sekarang telah berganti nama SD 2 Pringsewu Utara sejak tahun 1994 – 2009, dan pada akhirnya sejak tahun 2009 sampai dengan sekarang menjabat sebagai kepala sekolah di SD N 1 Pajaresuk.
                SD Negeri 1 Pajaresuk yang beralamat di jalan Imam Bonjol desa Pajaresuk kecamatan Pringsewu Barat ini berdiri pada tahun 1968, sekolah yang berdiri di atas tanah hibah masyarakat  dengan luas 1890 M2 dengan jumlah ruang belajar sebanyak 10 ruang belajar, satu ruang kepala sekolah, satu ruang guru, perpustakaan, UKS dan perumahan sekolah. SD N 1 Pajaresuk dididik oleh 18 guru yang sudah berstatus PNS, 2 orang tenaga honorer dan 1 orag staff Tata Usaha berusaha menjadikan siswa – siswi yang berjumlah 319 peserta didik terdiri dari 150 siswa putra dan 169 siswi putri, berupaya menjadikan generasi muda yang unggul dan berakhlak mulia. Pada tahun 2011, SD N 1 Pajaresuk secara resmi menjadi SD ber-Standar Nasioanl (SN), segudang prestasi juga telah mereka raih, diatanranya masuk babak final dalam O2SN tingkat nasional pada cabang olahraga catur putra, juara II lomba tari tingkat Provinsi, juara II tingkat provinsi dalam lomba kebersihan sekolah pada tahun 2012, juara 2 lomba UKS tingkat kabupaten, juara 3 angkat besi tahun 2014, juara 3 Gita Pati Drumband pada acara HUT kabupaten Tanggamus tahun 2014 dan masuk dalam kontingen PORPROV 2014 untuk cabang catur.

                Bagsa yang besar adalah bangsa yang mengenal sejarahnya, demikian pula dengan SD N 1 Pajaresuk, sekolah yang berdiri sejak tahun 1986 ini pernah dipimpin oleh oleh bapak Rojikun (1972 – 1996), bapak Aziani Masri (1996 – 2001), bapak Suyitno (2002 – 2008), bapak Drs. Sudarto (Plh. 2008 – 2009) dan Ibu Dra. Sri Adiningsih (2009 sampai dengan sekarang). Dengan Visi sekolah “Terwujudnya sekolah yang bermutu berdasarkan Iman dan Taqwa” dan didampingi Misi sekolah :
a.       Mewujudkan siswa agar menjadi manusia yang beriman dan bertaqwa
b.      Berupaya meningkatkan prestasi yang berilmu kreativ dan mandiri
c.       Mewujudkan hubungan harmonis antar sekolah dan masyarakat
d.      Mewujudkan situasi belajar siswa yang nyaman
e.      Mewujudkan hubungan antara kepala sekolah yang harmonis
Dengan segala upaya dan terobosan – terobosan yang dilakukan oleh ibu Dra. Sri Adiningsih, beliau bersyukur karena setiap tahun masa kepemimpinannya selalu menunjukkan progres yang baik, berbagai bantuan baik dari dinas pendidikan maupun dinas social dan lainya sehingga membuat SD Negeri 1 Pajaresuk yang telah berstandar nasional ini siap bersaing dan mencetak generasi muda yang berguna bagi nusa, bangsa dan agama.

0 komentar:

Post a Comment