KELAS INTENSIVE MAN 1 PRINGSEWU MAKSIMALKAN POTENSI AKADEMIK


Pringsewu. Dalam rangka memaksimalkan siswa siswi yang memiliki kemampuan dalam bidang akademik, MAN 1 Pringsewu telah memiliki kelas khusus dimana para siswa siswi tersebut dapat lebih intensive mengembangkan kemampuannya. Kelas ini diberi nama Kelas Intensive yang terdiri dari dua jurusan yaitu kelas intensive IPA dan IPS.

Menurut Siti Aminah, Sekretaris Program Kelas Intensive, Para siswa dan siswi yang masuk kelas intensive telah melalui rangkaian test minat dan bakat. Hal ini dilakukan karena disamping bakat dan kemampuan, siswa siswi yang masuk kelas ini juga harus memiliki minat. Aminah menambahkan bahwa kelas intensive ini bersifat kelas tambahan dalam artian pelaksanaan Kelas intensive dilaksanakan setelah jam KBM pagi atau jam reguler " Dalam seminggu kelas intensive dilaksanakan 3 hari yaitu hari selasa, rabu dan kamis mulai dari pukul 14.00 sampai dengan 16.00" terangnya.

Pada semester ini Kelas intensive terdiri dari 50 siswa dan siswi dan telah menggelar evaluasi belajar dengan menggelar ujian tengah semester genap 2015 yang dilaksanakan selama 3 hari yaitu pada 24 sampai dengan 26 Maret 2015 yang lalu. Menurutnya, hasil evaluasi ini akan menjadi tolok ukur kemampuan yang telah dicapai siswa selama ini di kelas intensive. " Hasil evaluasi ini juga akan disampaikan kepada orang tua sebagai laporan yang akan diterima diakhir semester " terangnya.

Dalam pelaksanaannya, kelas intensive tidak membebani para siswa siswi dalam hal finansial. " Kami tidak mengambil biaya tambahan kegiatan kepada para siswa sehingga kelas intensive tidak menjadi beban bagi orang tua. siapa saja dapat masuk kelas intensive Selama memiliki minat dan bakat" jelasnya. Aminah juga menambahkan bahwa kelas intensive fokus mempelajari mata pelajaran yang di ujikan dalan Ujian Nasional untuk setiap jurusannya. " ini juga tentunya akan memotivasi siswa untuk lebih giat lagi belajar materi materi pelajaran yang di UN kan " tambahnya.

Dalam hal motivasi, menurut salah satu guru MAN 1 Pringsewu, Siti Nurjanah, S.Pd, siswa siswi yang masuk dalam kelas intensive memiliki motivasi yang tinggi dalam belajar. " Ini ditunjukkan dari keaktifan mereka dalam KBM dikelas reguler dimana materi materi yang disampaikan dengan antusias di pahami oleh mereka dengan aktif mengerjakan berbagai tugas yang diberikan " terangnya. Nurjannah menilai bahwa hal ini dikarenakan materi materi yang sudah dipelajari di kelas intensive sangat membantu mereka dalam memahami materi pelajaran dikelas reguler.

Kontributor : Muhammad Faizin, S.Pd

0 komentar:

Post a Comment