UPAYA MENINGKATKAN KUALITAS PEMBELAJARAN

Mutu pendidikan dapat dicapai apabila setiap insane pendidik mau dan mampu untuk mengintegralkan bahwa kebermaknaan dalam pembelajaran dapat menyentuh sikap mental anak didik sehingga motivasi yang timbul adalah kesadaran untuk belajar lebih semangat. Kesadaran yang timbul dari dalam dapat memberi gambaran bahwa kepedulian untuk membangun anak bangsa merupakan suatu nilai moral yang sangat tinggi dan strategis. Sesuai dengan cita-cita bangsa Indonesia yang tertuang pada pembukaan UUD 1945 yaitu mencerdaskan anak bangsa. sehingga akan terlihat sikap kepedulian

Pembelajaran matematika masih berorientasi pada teacher oriented (berpusat pada guru) dan dilaksanakan secara klasikal. Pada umumnya metode atau pendekatan klasik pembelajaran yaitu ceramah dan Tanya jawab secara klasikal seehingga hasil yang diharapkan belum optimal.  Indikatonya ialah semagat keterlibatan siswa dalam pembelajaran yan masih sangat minimal, kerjasama antara siswa terlihat sangat kurang, siswa masih menguasai konsep yang dipelajari, jawaba yang dituliskan cenderung besifat tekstual, kurang menuliskan dengan pemahaman sendiri. Dari analisis fakta yang ditemukan dalam pembelarajaran matematika, maka diemukan permasalahan yan menjadi masalah dalam penelitian ini yaitu proses dan hasil pembelarajan matematika belum mencapai kriterian ketuntasan minimal.

Kondisi pembelarajaran seperti ini tidak kondusif terhadap pemahaman siswa terhadap materi pembelaran matematika, sehingga segera memerlukan pemecahan. Alternative pemecahannya  antara lain dengan melaksanakan pembelajaran yang lebih banyak melibatkan siswa dan kerja yan bersifat koloboratif atau kooperatif. Meka melalui kegiata ini siswa akan lebih  banyak dan lebih mendasar  dalam memahami materi pelajaran, serta mendorong untuk saling bekerja sama satu dengan yang lainnya (terlibat secara aktif dalam proses pembelarajan) alternative yang akan diterapkan dalam penlitian ini adalah pembelajaran kooperatif (cooperative learning) tipe penyelidikan kelompk (group  investigation)

Dari banyak laporan hasil penelitian, pembelaraan kooperatif terbukti dapat meningkatkan hasil belajar  baik akademis maupun non akademis (kerjasama) . tipe penyelidiakan kelompok (GI) baik mengenbangkan kemampuan berfikir dan kemandirian pebelajar. Pemilihan alternative belajar ini diharapkan dapat meningkatkan kualitas pembelajaran. Pembelajaran kooperatif tipe GI lebih menekankan pada kesenangan belajar kelompk dan menyeleasaikan maslah dengan lebih terarah, melalui penyelidikan.  Terarah karena pada pelaksanaan pembelajaran ini siswa leih domain eklasanakan aktvitas belajar, siswa melakukan peencanaan penyelidikan, melaksanakannya, kemudian mengkonfirmasikan hasilnya. Pembelajara ini melatih siswa bekerja sama dengan anggota kelompok, melatih solidaritas, dan tangung  jawab. Pembelajaran ini juga memberikan pengalaman langsung diuar kelas dan dapat berinteraksi langsung dengan lingkungan sehingga siswa dapat mensikapi fenomena yang ada dilingkungannya. Pembelaran ini juga meingkatkan motivasi, minat, dan aktivitas siswa dalam belajar (mardiyana, 2004:rahmanah, 2003).

Melalui pembelajaa kooperatif tipe penyelidiakan kelompok, siswa dibelajarkan mampu merancang sendiri yang akan dilakukan untuk memecahkan masalah yang sedang dihadapi. Pengethuan yang diperoleh secara langsung melalui kegiatan ini tidak akan mudah hilang dari ingatan siswa, lain halnya jika diperoleh dengan hafalan saja. Melalui kegiatan penyelidikan kelompok siswa juga dilatih menembangkan kreativitasnya untuk peduli terhadap lingkungannya.

Berdasarkan pernyatan diatas, maka rumusan masalah dalam penelitian tindakan kelas ini adalah 1) apakah bentuk kooperatif tipe penyelidikan kelomok dapat meningkaptakan proses belajar (aktivitas kerjasama) diantara siswa?, 2) apakah pembelajaran kooperatif tipe penyelidikan kelompok dapat meningatkan hasil belajar siswa.

OLEH : Drs. FAUZAN, M.M.Pd
Staf Pengawas Dinas Pendidikan Kabupaten Pringsewu
Dosen Tetap STKIP Muhammadiyah Pringsewu Lampung Jurusan MIPA

8 komentar:

  1. pendidikan memang sangat penting bagi siapapun

    ReplyDelete
  2. tapi mas enggak semua sekolah menyelenggarakan pembelajran secara berkelompok mas

    ReplyDelete
  3. Membaca Sangat bagus Untuk Meningkatkan Kualitas Belajar :D

    ReplyDelete
  4. pendidikan memang harus di utamakan gan, biar bangsa ini bisa lebih maju
    nice share gan

    ReplyDelete
  5. yang jadi masalah cuma satu, kurikulumnya belum solid masih berubah"

    ReplyDelete
  6. tips ini sangat berguna. apalagi untuk pelajar seperi saya :)

    ReplyDelete