Percaya Diri Menghadapi UN

Sebagai pelajar , saya merasa Ujian Nasional (UN) bukanlah hal yang perlu ditakuti. Dalam menghadapi UN pelajar harus meningkatkan kepercayaan diri terlebih dahulu, itu hal yang paling penting .
     Pelajar juga harus belajar karena tanpa belajar tidak mungkin berhasil. Yang terpenting doa kepada Allah karena berusaha tanpa berdoa itu sombong. Tapi kecemasan jelang menghadapi UN memang lumrah, namun hendaknya kita jangan pesimis terlebih dahulu yakinlah pada diri sendiri bahwa kita mampu. 

Banyak cara untuk mengurangi rasa cemas jelang UN, di antaranya:
    Pertama, hadapilah UN dengan tenang dan santai. Dengan sikap yang tenang dan santai, tapi serius. Kita dapat menjawab soal apa saja asalkan menggunakan kepala dingin dan tidak tergesa gesa. 
Kedua, percaya pada diri sendiri. Percaya pada diri sendiri dan tidak bergantung pada orang lain. Merupakan kunci sukses yang terbaik. Hal ini sangat penting karena kita sendirilah yang menentukan berhasil apa tidaknya kita dalam ujian. 
Ketiga, perbanyak latihan soal. Melatih mengerjakan soal akan meningkatkan persentase keberhasilan 50 persen, oleh karena itu perbanyaklah latihan soal. Dengan berlatih mengerjakan soal kita akan terbiasa dengan jenis dan pola soal tersebut.

Jelang UN beberapa sekolah mengadakan try out. Try out bertujuan untuk mengukur kemampuan siswa. Dalam try out hendaknya kita mengerjakannya dengan bersungguh-sungguh karena dari try out-lah kita dapat mengukur kemampuan kita. Apabila nilai belum memuaskan jangan berkecil hati jadikan itu sebagai motivasi diri untuk lebih baik, jika mendapat nilai bagus coba untuk pertahankan. Selain itu penyebab pelajar tidak lulus UN di antaranya karena pensil. Pensil yang dianjurkan pensil 2B karena pensil 2B memiliki ketebalan yang pas dibandingkan dengan pensil lainnya. Selain itu lembar jawaban yang rusak dapat menyebabkan hasil scanning tidak terbacanya lembar jawaban tersebut. Faktor lainnya, bagi para pelajar yang hendak melaksanakan UN, tinggalkanlah sejenak kesenangan dunia. Facebook, twitter, PS dan segala hal yang membuat kalian terlena sebaiknya ditunda dulu.UN bukanlah masalah yang yang berarti bila kita menyikapinya dengan baik.

0 komentar:

Post a Comment