KH. HAMBALI : " PRINGSEWU DARURAT MIRAS DAN NARKOBA"

Pringsewu. Pernyataan tersebut disampaikan KH. Hambali, Ketua MUI Kabupaten Pringsewu kepada seluruh Ketua MUI Kecamatan pada Pertemuan Koordinasi di Kantor MUI Komplek Masjid Al Hikmah Jl. Satria Pringsewu Barat, Rabu, 14/04/15.

" Berbagai macam permasalahan yang muncul ditengah tengah masyarakat saat ini semakin komplek. Kesemuanya perlu penanganan yang intens agar efek negatif yang muncul tidak meresahkan." terangnya.

KH. Hambali mencontohkan bahwa di Provinsi Lampung khususnya Kabupaten Pringsewu menurutnya sudah dikategorikan darurat Miras, Narkoba. Disinyalir berbagai tempat umum dan kos kosan di Pringsewu telah difungsikan oleh orang orang yang tidak bertanggung jawab untuk dijadikan tempat transaksi narkoba, miras dan pelacuran.

Data ini juga di dukung dengan laporan dari beberapa Ketua MUI Kecamatan bahwa di beberapa kecamatan sudah berdiri tempat produksi miras berjenis tuak. Hal ini sangat meresahkan masyarakat sekitar karena konsumennya bukan terbatas orang dewasa namun anak anak remaja pun sudah mengkonsumsinya.

KH. Hambali menambahkan walaupun sudah diterbitkan Perda mengenai Miras di Kabupaten Pringsewu, namun penegakannya dilapangan masih sangat lemah " Jika kita mengacu pada perda tersebut, seharusnya sudah tidak akan bisa lagi Narkoba dan miras beredar di Kabupaten Pringsewu " terangnya.

Peredaran barang haram dan prostitusi juga disinyalir terjadi di tempat tempat hiburan seperti Hotel dan karaoke yang sekarang semakin menjamur di pringsewu. Menyikapi kondisi ini MUI Kabupaten sudah menyampaikan rekomendasi kepada Pemda untuk menegakkan Perda Miras yang sudah disahkan serta menertibkan tempat tempat hiburan.

Sementara mengenai aliran aliran radikal yang sekarang sudah mulai berkembang dan meresahkan, MUI sudah memprogramkan untuk mensosialisasikan Bahaya Paham Radikalisme terutama ISIS dan upaya pencegahannya kepada masyarakat di Kabupaten Pringsewu. Sosialisasi juga akan diberikan kepada generasi muda khususnya di Sekolah dan Madrasah yang ada di Kabupaten Pringsewu.

Kontributor : Muhammad Faizin, S.Pd

0 komentar:

Post a Comment