KANTOR PERPUSTAKAAN & ARSIP DAERAH KABUPATEN PRINGSEWU

Membumikan Budaya Membaca & Belajar Sampai Akhir Hayat

Newspringsewu.
Dalam artian tradisional, perpustakaan adalah sebuah koleksi buku dan majalah, namun perpustakaan lebih umum dikenal sebagai sebuah koleksi besar yang dibiayai dan dioperasikan oleh sebuah kota atau institusi, serta dimanfaatkan oleh masyarakat yang rata-rata tidak mampu membeli sekian banyak buku atas biaya sendiri. Perpustakaan juga dapat diartikan sebagai kumpulan informasi yang bersifat ilmu pengetahuan, hiburan, rekreasi, dan ibadah yang merupakan kebutuhan hakiki manusia.

Kantor Perpustakaan dan Arsip  Daerah kabupaten Pringsewu yang beralamat di jalan Jend. Sudirman No : 40 atau tepatnya di depan kantor Telkom Pringsewu, dan yang di pimpin oleh bapak Drs. Sunargianto M.Pd saat ini telah memiliki koleksi buku-buku yang bermanfaat untuk masyarakat kabupaten Pringsewu. Melalui sebuah proses pengadaan yang cukup panjang beliau memaparkan bahwa buku-buku tersebut adalah hasil dari usulan pengadaan dari kantor Perpustakaan dan Arsip Daerah kabupaten Pringsewu yang kemudian bekerjasama dengan penyedia jasa, sesuai dengan perpres no 70 maka penyedia jasa kemudian menyediakan dahulu buku-buku yang di pesan oleh kantor pustaka, setelah buku-buku tersebut dikirimkan, dan kemudian diperiksa oleh panitia pemeriksa barang untuk mengecek tentang kualitas kertas, jumlah buku dan spesifikasi buku yang dipesan. Setelah proses pengecekan selesai maka kantor pustaka segera melaporkan buku-buku tersebut ke kantor aset daerah kabupaten Pringsewu untuk mendapatkan persetujuan dan diberikan rekomendasi pembayaran di bagian keuangan daerah. Setelah mendapatkan rekomendasi, bagian keuangan daerah kabupaten Pringsewu secara langsung melakukan pembayaran ke pihak penyedia jasa. Harga buku yang dibayarkan oleh bagian keuangan daerah kabupaten Pringsewu adalah sesuai dengan harga yang ada di katalog buku nasional dimana harga-harganya adalah sesuai dan berlaku secara nasional.

Kantor Perpustakaan dan Arsip  Daerah kabupaten Pringsewu dalam pengadaan jenis bukunya pun berdasarkan usulan dari berbagai pihak baik dinas, instansi, swasta dan juga melihat karakter kondisi kebutuhan buku masyarakat kabupaten Pringsewu. Ada 20 bidang ke-ilmuan yang saat ini ada di Perpustakaan dan Arsip  Daerah kabupaten Pringsewu, seperti Ilmu Agama, Atlas, cerita anak (fiksi), ilmu analisis dan penelitian, ilmus filsafat dan manajemen, ilmu pendidikan dan pembelajaran, ilmu ekonomi dan akuntansi, ensikloped, ilmu hukum, kamus, ilmu kesehatan, keterampilan, kesusastraan, ilmu sejarah dan budaya, ilmu sosial dan politik, ilmu pertanian dan peternakan, ilmu teknik, teknologi informatika dan komunikasi, pengetahuan umum dan undang-undang.

Dibawah kepemimpinan bapak Drs. Sunargianto M.Pd, kantor Perpustakaan dan Arsip  Daerah kabupaten Pringsewu juga memiliki banyak program dalam rangka membumikan budaya membaca dan belajar sampai akhir hayat untuk masyarakat kabupaten Pringsewu khususnya, seperti mobil perpustakaan keliling yang selalu rutin berkeliling keseluruh kecamatan yang ada di kabupaten Pringsewu serta tempat-tempat berkumpul masyarakat Pringsewu seperti rest area dan pendopo Pringsewu, ditempat itu kemudian membuka layanan peminjaman buku secara gratis. Mobil perpustakaan keliling ini lebih di fokuskan di tempat-tempat umum, bukan di sekolah karena sebagian besar sekolahan telah memiliki perpustakaan sekolah masing-masing, namun diwaktu-waktu dan sekolah tertentu juga disambangi oleh mobil perpustakaan keliling milik kantor Perpustakaan dan Arsip  Daerah kabupaten Pringsewu, serta hadir disetiap kegiatan yang diselenggarakan oleh pekon. Pada tahun 2014 yang lalu, berdasarkan pada UU No: 40 tahun 2007 tentang perpustakaan. Kantor Perpustakaan dan Arsip  Daerah kabupaten Pringsewu juga memberikan stimulus berupa bantuan buku untuk pekon yang disesuaikan dengan kondisi masyarakat dan usulan dari kepala pekon, serta lemari guna mendorong perwujudan berdirinya perpustakaan di setiap pekon. Mengingat dana yang ada maka baru 10 pekon dan 1 kecamatan yang mendapatkan bantuan. Pekon-pekon yang mendapatkan bantuan adalah hasil rekomendasi dari camat masing-masing, dan berikut nama-nama pekon yang mendapat bantuan tersebut :

1. Pekon Srikaton kecamatan Adiluwih dengan nama Perpustakaan Pekon Srikaton
2. Pekon Margodadi kecamatan Ambarawa dengan nama Perpustakaan Pekon Margodadi
3. Pekon Mulyorejo kecamatan Banyumas dengan nama perpustakaan Anugerah Agung
4. Pekon Wonosari kecamatan Gadingrejo dengan nama Perpustakaan Pekon Wonosari
5. Kantor Camat Pagelaran dengan nama perpustakaan Tunas Bangsa
6. Pekon Bumiratu kecamatan Pagelaran dengan nama perpustakaan Cendana
7. Pekon Giri Tunggal kecamatan Pagelaran Utara dengan nama Perpustakaan Pekon Giri Tunggal
8. Pekon Sidodadi kecamatan Pardasuka dengan nama Perpustakaan Pekon Sidodadi
9. Pekon Podomoro kecamatan Pringsewu dengan nama Perpustakaan Pekon Podomoro
10. Pekon Sukoharjo 3 kecamatan Sukoharjo dengan nama Perpustakaan Pekon Sukoharjo 3

Bapak Drs. Sunargianto M.Pd selaku kepala kantor Perpustakaan dan Arsip Daerah kabupaten Pringsewu berharap dukungan dari berbagai pihak untuk majunya kantor Perpustakaan dan Arsip Daerah kabupaten Pringsewu karena dengan membaca kita dapat menambah pengetahuan dan kecerdasan. “R”

0 komentar:

Post a Comment